Obat Tidur Punya potensi Memperuncing Daya ingat, Benarkah?

Zolpidem (Ambien), obat sebagai jagoan beberapa orang saat alami insomnia, nyatanya bukan sekedar menolong Anda untuk tidur, dan juga membuat daya ingat Anda lebih tajam.

Menurut studi baru yang dipublikasi dalam Journal of Neuroscience, Ambien bisa tingkatkan potensi otak, terutamanya ingatan. Obat ini bisa mengalihkan info yang disimpan otak dari daya ingat periode pendek jadi daya ingat periode panjang.

Hasil studi itu diinginkan bisa memberi andil therapy baru yang tingkatkan potensi mengingat pasien demensia, Alzheimer, serta skizofrenia. Riset awalnya tunjukkan jika terdapatnya kejadian "sleep spindles", yakni kegiatan otak yang berlangsung dalam babak tidur tersendiri. Sleep spindles bertindak dalam membuat daya ingat.

Obat Tidur Berpotensi Pertajam Ingatan


"Sleep spindles bisa mengalihkan info dari daya ingat periode pendek jadi daya ingat periode panjang," tutur penulis penting studi Sara C Mednick, profesor psikologi di University of California. Tetapi, kejadian ini menyusut dengan mencolok pada barisan lanjut usia hingga mengakibatkan demensia serta pikun.

Studi paling baru tentang faedah Ambien ini menyertakan 49 orang yang mempunyai tidur sehat yang berumur dibawah 40 tahun. Mereka dikasih dalam kelompok-kelompok, ada yang mendapatkan obat Ambien atau sodium oxybate (Xyrem) serta plasebo sepanjang beberapa waktu.

Ambien didapati bisa tingkatkan kegiatan spindle, sedang Xyrem bisa menurunkannya. Beberapa periset memonitor tidur beberapa peserta, serta memberi beberapa pengukuran dalam soal rasa kantuk, mood, serta tes daya ingat. Hasilnya, sleep spindles bertambah pada peserta yang dikasih Ambien.

Walau demikian, Mednick serta rekanan periset lain tidak merekomendasikan untuk konsumsi Ambien dengan arah tingkatkan ingatan sebab obat ini mempunyai resikonya yang cukup berat mulai dari halusinasi, permasalahan tingkah laku, sampai bingung yang kronis.