Zolpidem Obat Apa? Cara Pakai, Penyimpanan, Dosis dan Manfaat

Zolpidem ialah obat dengan peranan untuk menyembuhkan permasalahan tidur (insomnia) pada seorang dewasa. Bila Anda mempunyai permasalahan tidur, obat ini akan menolong Anda tertidur bertambah cepat, hingga Anda dapat beristirahat lebih baik saat malam hari. Zolpidem terhitung pada kelompok obat yang disebutkan sedative-hypnotics. Kerja pada otak Anda untuk membuahkan dampak tenang.

Zolpidem Obat Apa?


Penyembuhan memakai obat ini umumnya terbatas pada periode waktu 1 sampai 2 minggu atau kurang. Dosis zolpidem serta resikonya zolpidem akan diterangkan selanjutnya berikut ini.

Bagaimanakah cara pemakaian Zolpidem?

Turuti ketentuan yang diberi oleh dokter atau apoteker sebelum mengawali penyembuhan. Bila Anda mempunyai pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Baca panduan penyembuhan serta, bila ada, brosur info pasien yang disiapkan oleh apoteker sebelum memakai zolpidem serta setiap saat Anda isi lagi. Bila Anda mempunyai pertanyaan, silahkan tanyakanlah pada dokter atau apoteker.

Minum obat ini dalam kondisi perut kosong sesuai dengan instruksi dokter, umumnya 1x saat malam hari. Sebab zolpidem kerja secara cepat, minumlah waktu Anda akan tidur. Jangan minum obat ini dengan atau setelah makan sebab tidak kerja secara cepat.

Jangan minum dosis obat ini terkecuali bila Anda mempunyai jam tidur penuh paling tidak 7 sampai 8 jam. Bila Anda harus terjaga sebelum waktunya itu, Anda kemungkinan alami kehilangan beberapa daya ingat serta akan alami permasalahan waktu beraktivitas yang memerlukan kesiagaan, seperti mengemudi atau menjalankan mesin. (lihat sisi Mencegah).

Dosis diberi berdasar type kelamin, umur, keadaan medis, obat-obatan lain yang Anda pakai, serta tanggapan pada penyembuhan. Jangan naikkan dosis Anda, meminum seringkali, atau memakai lebih dari waktu yang dianjurkan. Jangan minum lebih dari 10 miligram satu hari. Wanita umumnya dikasih resep dosis yang lebih rendah sebab obat keluar dari badan lebih lamban dari pria. Orangtua umumnya dikasih dosis lebih rendah untuk turunkan efek resikonya.

Obat ini bisa mengakibatkan reaksi ketagihan, khususnya bila dipakai dengan teratur dalam periode waktu lama atau mungkin dengan dosis yang tinggi. Pada beberapa masalah, tanda-tanda ketagihan(seperti, mual, muntah-muntah, kram perut, resah, gemetaran) bisa berlangsung bila penggunaan obat di stop dengan mendadak. Untuk menahan reaksi ini, dokter kemungkinan turunkan dosis Anda dengan perlahan-lahan. Tanyakan dengan dokter atau apoteker Anda untuk lebih detil serta selekasnya adukan bila ada reaksi ketagihan

Bertepatan dengan faedahnya, obat ini pada masalah yang jarang-jarang bisa mengakibatkan ketagihan. Efek ini condong makin banyak berlangsung bila Anda pernah salah gunakan alkohol atau obat-obatan pada saat lampau. Pakai obat ini sesuai apa yang dianjurkan untuk mengecilkan efek ketagihan.

Saat obat ini dipakai dalam jangku waktu yang lama, mungkin tidak kerja sebagus awalnya. Bicarakan dengan dokter Anda bila obat ini berhenti kerja.

Berikan tahu dokter bila keadaan Anda masih sama sesudah 7 sampai 10 hari, atau bila lebih buruk. Anda kemungkinan alami kesusahan tidur pada beberapa malam pertama sesudah hentikan penggunaan obat. Ini disebutkan rebound insomnia serta normal berlangsung. Umumnya akan hilang sesudah 1-2 malam. Bila dampak ini terus berjalan, hubungi dokter Anda.

Bagaimanakah cara penyimpanan Zolpidem?

Obat ini terbaik disimpan pada suhu ruang, jauhkan dari sinar langsung serta tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Brand lain dari obat ini mungkin mempunyai ketentuan penyimpanan yang berlainan. Lihat petunjuk penyimpanan pada paket produk atau tanyakanlah pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan beberapa anak serta hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke toilet atau ke aliran pembuangan terkecuali jika diinstruksikan. Buang produk ini jika waktu berlakunya sudah habis atau jika tidak dibutuhkan . Tanyakan pada apoteker atau perusahaan pembuangan sampah lokal tentang bagaimanakah cara aman buang produk Anda.

Macam-Macam Dosis Zolpidem

Info yang diberi bukan alternatif dari nasehat medis. SELALU tanyakan pada dokter atau apoteker Anda sebelum mengawali penyembuhan.

Bagaimana dosis Zolpidem untuk orang dewasa?


  • Untuk penyembuhan insomnia

Bentuk dosis oral (extended-release tablets):

Dewasa—6.25 miligram (mg) (untuk wanita) atau 6.25 atau 12.5 mg (untuk pria) satu hari sekali sebelum tidur. Dokter Anda kemungkinan tingkatkan dosis bila dibutuhkan. Tetapi, jangan minum lebih dari 12.5 mg /hari.

Dewasa lebih tua—6.25 mg satu hari sekali sebelum tidur

Untuk bentuk dosis oral (tablet):

Dewasa—5 miligram (mg) untuk wanita serta 5 atau 10 mg untuk pria satu hari sekali sebelum tidur. Dokter Anda akan tingkatkan dosis Anda bila dibutuhkan. Tetapi jangan minum lebih dari 10 mg /hari.

Dewasa lebih tua—5 mg satu hari sekali sebelum tidur

Bagaimana dosis Zolpidem untuk beberapa anak?

Belumlah ada ketetapan dosis obat ini untuk beberapa anak. Obat ini bisa beresiko buat beberapa anak. Penting untuk mengerti keamanan obat sebelum dipakai. Tanyakan pada dokter atau apoteker untuk info selanjutnya.

Dalam dosis apa Zolpidem ada?

Zolpidem ada dalam dosis-dosis seperti berikut.

Tablet 6,25 mg; 12; 5 mg

Resikonya apa yang bisa dirasakan sebab Zolpidem?

Zolpidem bisa mengakibatkan reaksi alergi yang kronis. Hentikan pemakaian zolpidem serta mintalah selekasnya pertolongan tenaga medis bila Anda alami reaksi alergi: gatal-gatal; kesusahan bernapas; abuh di wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Adukan bila ada tanda-tanda baru atau lebih buruk ke dokter Anda, misalnya: stres, kuatir, agresi, agitasi, bingung, pemikiran yang tidak biasa, halusinasi, permasalahan pada daya ingat, pergantian kepribadian, aksi ambil efek, kendalikan diri alami penurunan, tidak takut pada bahaya, atau berpikir untuk bunuh diri atau menyakiti diri kita.

Hentikan pemakaian zolpidem serta selekasnya hubungi dokter Anda, bila Anda alami:

  • Ngilu pada dada, detak jantung tidak teratur, napas pendek
  • Permasalahan pernafasan atau menelan; atau
  • Merasakan Anda akan tidak sadarkan diri.

Resikonya yang umum berlangsung salah satunya terhitung:

  • Mengantuk pada siang hari, pusing, lemas, merasakan melayang-layang atau kepala berasa mudah
  • Merasakan capek, hilangnya pengaturan
  • Hidung mampet, mulut kering, iritasi pada hidung atau tenggorokan
  • Mual, sembelit, diare, masalah pada perut; atau
  • Sakit kepala, ngilu pada otot

Tidak kebanyakan orang alami resikonya di bawah ini. Mungkin ada banyak resikonya yang tidak disebut di atas. Jika Anda mempunyai kecemasan tentang resikonya tersendiri, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Apa yang perlu didapati sebelum memakai Zolpidem?

Dalam putuskan memakai obat ini, efek dari pemakaian obat harus diperhitungkan baik-baik dengan faedah yang didapat nanti. Ini ialah ketetapan yang Anda serta dokter akan mengambil. Untuk obat ini, berikut yang butuh Anda pikirkan

  • Alergi

Berikan tahu dokter Anda bila Anda pernah mempunyai reaksi berlainan atau alergi pada obat ini atau obat yang lain. Dan berikan tahu dokter bila Anda punyai alergi tersendiri, seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau binatang. Untuk produk tanpa ada resep, baca cap atau bahan pada paket dengan cermat

  • Beberapa anak

Penelitan selanjutnya belum dikerjakan di antara jalinan umur dengan dampak zolpidem pada populasi pediatrik. Keselamatan serta kesuksesan belum dibuktikan

  • Lanjut usia

Riset yang dikerjakan sampai sekarang belum tunjukkan permasalahan detil pada pasien manula berkaitan kurangnya manfaat zolpidem untuk lansia. Tetapi, bingung, pusing, serta jatuh seringkali berlangsung pada lansia, yang lebih peka pada dampak zolpidem dibanding pada dewasa muda.

Apa Zolpidem aman untuk ibu hamil serta menyusui?

Tidak ada riset yang ideal tentang efek pemakaian obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Tetap tanyakan pada dokter Anda untuk memperhitungkan kekuatan faedah serta efek sebelum memakai obat ini. Obat ini terhitung ke efek kehamilan kelompok C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). Berikut rujukan kelompok efek kehamilan menurut FDA :

A= Tidak beresiko
B=Tidak beresiko pada beberapa riset
C=Mungkin beresiko
D=Ada bukti positif dari efek
X=Kontraindikasi
N=Tidak didapati

Obat-obatan apa yang mungkin berhubungan dengan Zolpidem?

Hubungan obat bisa mengubah kapasitas obat Anda atau tingkatkan efek resikonya yang serius. Tidak semua peluang hubungan obat tertera dalam dokumen ini. Taruh daftar semua produk yang Anda pakai (terhitung obat-obatan resep/nonresep serta produk herbal) serta tanyakan pada dokter atau apoteker. Jangan mengawali, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa ada kesepakatan dokter

Meskipun beberapa obat tidak bisa dipakai dengan bertepatan, pada masalah lain dua obat berlainan mungkin bisa dipakai dengan bertepatan serta bila hubungan mungkin berlangsung. Dalam masalah ini, dokter Anda kemungkinan mengubah dosis, atau aksi mencegah lain kemungkinan dibutuhkan. Berikan dokter bila Anda sedang memakai obat resep lain atau obat non-resep (over-the-counter [OTC]).

Memakai obat ini dengan salah satunya obat berikut tidak disarankan. Dokter Anda kemungkinan putuskan tidak untuk menyembuhkan Anda dengan obat ini atau mengubah beberapa obat yang sudah Anda pakai.

  • Sodium Oxybate

Memakai obat ini dengan salah satunya obat berikut umumnya tidak disarankan, tapi mungkin dibutuhkan pada beberapa masalah. Bila ke-2 obat itu diresepkan bertepatan, dokter Anda kemungkinan mengubah dosis atau kurangi frekwensi pemakaian salah satunya atau ke-2 obat itu.

  • Alprazolam
  • Buprenorphine
  • Buspirone
  • Butabarbital
  • Carbamazepine
  • Carbinoxamine
  • Ceritinib
  • Chlordiazepoxide
  • Chlorpromazine
  • Clarithromycin
  • Clonazepam
  • Clorazepate
  • Cobicistat
  • Crizotinib
  • Dabrafenib
  • Dexmedetomidine
  • Diazepam
  • Diphenhydramine
  • Doxylamine
  • Eslicarbazepine Acetate
  • Estazolam
  • Eszopiclone
  • Ethchlorvynol
  • Fentanyl
  • Flumazenil
  • Flurazepam
  • Fospropofol
  • Halazepam
  • Hydrocodone
  • Hydromorphone
  • Hydroxyzine
  • Idelalisib
  • Lorazepam
  • Meclizine
  • Meprobamate
  • Methadone
  • Midazolam
  • Mitotane
  • Morphine
  • Morphine Sulfate Liposome
  • Nilotinib
  • Oxazepam
  • Oxycodone
  • Oxymorphone
  • Pentobarbital
  • Phenobarbital
  • Piperaquine
  • Prazepam
  • Primidone
  • Promethazine
  • Propofol
  • Quazepam
  • Ramelteon
  • Secobarbital
  • Siltuximab
  • Suvorexant
  • Tapentadol
  • Temazepam
  • Thioridazine
  • Triazolam
  • Zaleplon

Memakai obat ini dengan salah satunya obat berikut akan tingkatkan efek resikonya tersendiri, tapi memakai ke-2 obat dengan bertepatan mungkin adalah penyembuhan paling baik buat Anda. Bila ke-2 obat ada bertepatan dalam resep, dokter Anda kemungkinan mengubah dosis atau frekwensi pemakaian salah satunya atau ke-2 obat itu.

  • Bupropion
  • Ciprofloxacin
  • Desipramine
  • Fluvoxamine
  • Ketoconazole
  • Perampanel
  • Rifampin
  • Sertraline
  • St John’s Wort
  • Telaprevir
  • Venlafaxine

Apa makanan atau alkohol bisa berhubungan dengan Zolpidem?


Obat-obatan tersendiri tidak bisa dipakai saat makan atau waktu konsumsi makanan tersendiri sebab hubungan obat bisa berlangsung. Konsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tersendiri dapat mengakibatkan hubungan berlangsung. Bahas pemakaian obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyuplai service kesehatan Anda.

Keadaan kesehatan apa yang bisa berhubungan dengan Zolpidem?


Terdapatnya permasalahan kesehatan lain di badan Anda bisa memengaruhi pemakaian obat ini. Berikan tahukan dokter Anda jika Anda mempunyai permasalahan kesehatan lain, terutamanya:

  1. Penyimpangan alkohol atau mempunyai riwayatnya
  2. Mempunyai kisah penyimpangan atau ketergantungan pada obat—mungkin berlangsung ketergantungan pada zolpidem bisa
  3. Stres atau mempunyai kisah stres
  4. Penyakit paru-paru atau permasalahan pernafasan yang lain
  5. Sakit mental atau mempunyai kisah penyakit itu,
  6. Myasthenia gravis (penyakit otot) atau
  7. Sleep apnea (permasalahan pernafasan sepanjang tidur)—Gunakan dengan berhati-hati. Bisa jadi parah keadaan.
  8. Penyakit hati—Gunakan dengan berhati-hati. Tingginya tingkat tekanan darah oleh zolpidem bisa mengakibatkan bertambahnya efek resikonya.

Apa yang perlu saya kerjakan pada kondisi genting atau overdosis?


Pada masalah genting atau overdosis, hubungi penyuplai service genting lokal (112) atau selekasnya ke unit genting rumah sakit paling dekat. Tanda-tanda overdosis salah satunya;

  • Mengantuk
  • Koma (hilangnya kesadaran pada periode waktu tersendiri)
  • Napas lamban atau detak jantung lamban

Apa yang perlu saya kerjakan jika melepaskan satu dosis?

Jika Anda lupakan satu dosis obat ini, minum selekasnya mungkin. Tetapi jika telah menjelang waktu dosis selanjutnya, lalui dosis yang terlewatkan serta kembali pada agenda dosis yang biasa. Jangan melipatgandakan dosis.

This Is The Oldest Page